Selasa, 29 Mei 2012

SIKAP DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN

Bismillahirrahmanirrahiim

Perubahan, percaya atau tidak, suka atau tidak adalah salah satu undang-undang dalam hidup ini, ia merupakan komponen paling penting dalam hidup bila kita ingin mencapai kemajuan dan kesuksesan.

Tanpa perubahan, hidup kita kaku dan berhenti. Kesuksesan hidup yang sejati tidak akan bisa dinikmati, bila kondisi hidup kita hari ini dan seterusnya sama saja.

Bahwa hidup itu mirip dengan proses pendidikan di sekolah. Di sekolah, ada pelajaran yang terasa sukar, ada pelajaran yang menyenangkannya. Ada guru yang menjengkelkan dan ada juga guru yang menyenangkan. Di sekolah juga ada ulangan dan ujian yang menentukan kenaikan kelas dan kelulusan dari sekolah; dan tentu saja ada materi pelajaran yang berbeda di setiap semesternya. Dan tentu dari semester ke semester berikutnya, tingkat kesukaran materi pelajaran akan terus meningkat.

Tapi tanpa kenaikan kelas, tanpa kelulusan, tanpa bertambahnya kesukaran materi serta tanpa perbedaan guru, bagaimanapun favoritnya guru tersebut untuk kita, maka kita tidak akan pernah lulus dari sekolah tersebut. Kita akan berhenti di kelas tersebut, mungkin selamanya. Tidak naik naik. Tidak lulus. Sampai akhirnya kita keluar dari sekolah itu.
Karenanya, jangan takut bila hidup kita terus berubah, cara berpikir kita berubah, dunia kita berubah. Jangan lagi berkata, dengan nada menyesali dan membandingkan keadaan, "Kalau dulu saya tidak begini. Maka sekarang saya tidak menjadi seperti ini."

Karena tidak ada perubahan yang buruk. Perubahan adalah perubahan. Yang membuatnya buruk atau baik adalah cara pandang kita. Persepsi kita. Dan sikap kita.

Di sisi lain, kita juga tidak bisa menggerutu menyesali kondisi dunia, karena dunia berputar apa adanya.

Bila kita menginginkan sesuatu yang lain dari yang sebenarnya terjadi di sekeliling kita, maka cara termudah adalah memulai atau menciptakan perubahan dalam diri kita sendiri terlebih dahulu. Kita mulai dengan membersihkan dan mensucikan hati, sebab dengan itu hati akan mampu mengendalikan pikiran. Dengan hati yang bersih, pola pikir/ mindset/ paradigma akan mampu diubah untuk menjadi yang lebih baik. Dan yang terpenting adalah perubahan itu pasti. Dimulai dari diri sendiri. Dimulai dari saat ini. Dan diyakini bahwa apapun yang terjadi itu adalah yang terbaik bagi diri sendiri.

(Salam santun dariku untukmu...)

Tidak ada komentar: