Selasa, 29 Mei 2012

RAGAM CARA MBAH PONIJAN MENGATAKAN “I LOVE YOU”

 
Setelah shalat isya tadi mbah Pendos terpikir, apa ya yang mau ditulis untuk menyapa dan menghibur jangkrik malam ini. Tiba-tiba…. nah ada ide dan tinggal nyari narasumber nih… hmm ah kujumpai Mbah Ponidi ah… mana tahu dari dia dapat inspirasi. Kebetulan rumahnya dekat…
Saya               : “Kulonuwun Mbah…”
Mbah Ponidi : “Monggo…. Sopo?”
Saya               : “Aku mbah…. Pendos…”
Mbah Ponidi : “Masuk ndos, duduklah”
Saya masuk kemudian duduk, kulihat Mbah Ponidi duduk anteng sambil menghisap rokok lintingan, bau aroma menyan sama tembakau lintingan sangat terasa saat itu. Mbah Ponidi usianya sudah lebih dari 78 tahun, namun masih terlihat muda dengan perawakan yang tegap dan kekar.
Mbah Ponidi : “Eneng opo kemari?”
Saya               : “Nggak apa lho mbah, mau nanya aja”
Mbah Ponidi : “Opo?”
Saya               : “Nganu mbah….. Mbah dulunya berapa kali pacaran?”
Mbah Ponidi : “Hah…. Kowe iki…. Hehehe… ntahlah kayaknya kalau lima kali lebih.
   Hehehe”
Saya               : “Trus mbah, gimana caranya mbah ngungkapin
   cinta sama cewek-cewek mbah dulu
Mbah Ponidi : “Hmmm… kebetulan semua nama cewek mbah dulu diawali dengan PON.”
Saya               : “Maksudnya Mbah?”
Mbah Ponidi : “Iya… Poniyem, Poniti, Poniyah, Ponijem, Ponisah, Ponirah dan Poineng,…pokoknya Pon-lah”
Kalau sama si Poniyem mbah bilang gini dulu:
“Yem….. I love you-lah”
Kalau sama si Poniti mbah ngomong gini:
“Poniti…. Mau jadi pacarku nggak? Kalau nggak mau nanti nyesel kamu, sebab banyak cewek yang mau berebutan menjadi pacarku”
Kalau sama si Poniyah lain lagi ngomongnya:
“Yah… kuperhatikan sudah 2 bulan ini kamu menjomblo ya…. Kan nggak enak sih… jadi dari pada nganggur, mending sama aku aja yok… sebab kumencintaimu”
Kalau si Ponijem cukup pake sms. Gini bunyinya:
“Jemmmm…. Sms ini bukan sembarang sms, sms ini mengandung pelet. Pelet ini ditujukan untukmu agar kamu Jem mau menjadi pacarku, sebab aku juga mau menjadi pacarmu”
Kalau si Ponisah lain lagi Ndos…. Sebab dia anaknya pak lurah… Pak lurahnya serem kali orangnya, jadi caraku lain lagi. Waktu itu sambil ngurus KTP dan minta tanda tangan Pak Lurah, trus ku sms si Ponisah. Bunyinya gini:
“Wahai Ponisah anaknya Pak Lurah…. Tadi aku sudah mendapatkan tanda tangan dari bapakmu bahwa dia merestui kalau aku jadi pacarmu. Sekarang aku mau jawabanmu, mau kah kamu menjadi pacarku? Sebab bapakmu sudah setuju…”
Saya               : wkwkwkwkw…. Beragam cara ya mbah…!! Trus si Poineng gimana mbah?
Mbah Ponidi : heheheheheh…. Malu mbah…
Saya               : kok malu mbah… ditolak ya…
Mbah Ponidi : Nggak juga sih… cuman malu ajalah… karna saat sama si Poineng inilah yg paling susah mbah ngomongkannya…. Butuh bermenit-menit untuk dapat kata yg tepat. Sebab yang terakhir ini lainlah…”
Saya               : “Lainnya mbah?”
Mbah Ponidi : “Sebab dia anaknya pak kyai. Dia juga Ustazah. Sementara mbah saat itu baru belajar ngaji. Trus pingin menikah.”
Saya               : “Jadi mbah ngomong gimana?”
Mbah Ponidi : “Itu juga nggak berani langsung, malu…. Takut ditolak dan juga takut diterima. Takut ditolak sebab dia itu impian mbah agar dapat keluarga yg sakinah. Takut diterima sebab mbah khawatir nggak bisa menjadi imam baginya”
Saya               : “Trus… trus mbah”
Mbah Ponidi : “Mbah awali dengan baca bismillah dan trus syahadat. Sebab saat itu mbah merasa bahwa cinta itu suci. Trus, mbah ngomong gini: “Wahai Nengku yang dirimu tidak akan pernah bisa menggeser Allah di qalbuku. Kiranya diriku mencintaimu karena keshalehanmu. Kuakui kubenar-benar mencintaimu sebab Neng adalah pilihan dari hasil munajatku. Dan jika saatnya tiba kuakan menjemputmu. Walau kusendiri tidak tahu isi hatimu sampai detik ini. Alhamdulillah. telah kusampaikan ini padamu.”
Saya               : “Wah…. Religius kali ya mbah…. Trus mbah… apa jawabannya”
Mbah Ponidi : “Amiin” itu tok jawabannya.
Saya               : “??????”

WKWKWKWKWK
Setelah membaca tulisan ini, kira-kira apa ya comment Anda… biar mbah Pendos tebak… hmmm:
“hhee…pengalaman mbah masa muda ya?”
“Heheheh… Mbah masih ingat ternyata pada perjalanan cinta mbah ya?”
“Hmmmm…. Gitu ya mbah?”
“wkwkwkwk…. Eneng-eneng wae mbah iki”
“banyak kali mbah cewek mbah dulu wkwkwkwk”
Dan yang paling unik comment-nya adalah yang ini:
“ ^-^ “

Hahahahaha….
Nah respon si Mbah Pendos sederhana:
“hehehehe…. Losssss Ora uroossss…. Emang gue pikirin…. Suka-suka gue dong”







Tidak ada komentar: