Selasa, 29 Mei 2012

PERUBAHAN ADALAH WAKTU YANG PASTI BERJALAN – 1


Bismillahirrahmanirrahim.

Siklus hari saling terikat satu sama lainnya. Lantas kira-kira mana yang benar dari dua pernyataan ini: “HARI SENIN MEMPENGARUHI HARI SELASA” atau “HARI SELASA YANG MEMPENGARUHI HARI SENIN”?.

Pernyataan pertama boleh jadi benar. Hari Senin yang mempengaruhi Selasa, bukan sebaliknya. Apa yang kita lakukan di hari Senin, berpengaruh terhadap apa yang kita dapatkan di hari Selasa. Dan apa yang kita lakukan di hari selasa, akan berdampak kepada hari Rabu kita.

Boleh jadi pernyataan kedua yang benar. Mengapa? Karena garis waktu hari-hari kita tidak terletak pada bidang datar atau garis lurus. Garis waktu kita berada dalam lingkaran sebuah siklus multi dimensi. Jika kita melakukan sesuatu di hari Selasa, boleh jadi dampaknya justru akan kita rasakan di hari Senin berikutnya. Bukan di hari Rabu. Lho, bukankah Senin sudah berlalu? Benar. Tetapi kita masih memiliki Senin-Senin lainnya dalam hidup kita, bukan? Fakta ini menunjukkan bahwa apapun yang kita lakukan pada hari ini – apakah perilaku baik atau perilaku buruk – sangat berpengaruh terhadap seluruh hari-hari dalam hidup kita.

Maka berhati-hatilah dalam setiap hari yang kita lalui. Karena dampak dari perilaku kita pada salah satu hari itu, mungkin sangat menentukan sisa-sisa hari yang masih kita miliki.

Tidak ada komentar: