Selasa, 29 Mei 2012

LURUSKAH NIATKU…!!!!


Bismillahirrahmanirrahiim


Wahai diriku..!!!
Dengarlah ini nasehatku untukmu diriku…
Saat kau sudah melangkah setengah perjalananmu, maka pertanyakanlah kembali apakah niatmu sudah lurus? Apakah semua karena Sang Pencipta? Adakah niat perjalananmu karena seseorang atau sesuatu walau sekecil apapun? Kalaulah ada maka inilah saranku wahai diriku..!!


Cepat-cepatlah memohon ampun wahai diriku kepada Yang Maha Pemberi Taubat. Mohon ampunlah kamu karena telah menduakan-Nya dengan niatmu yang bukan karena-Nya ataupun karena niatmu yang sudah bercampur dengan yang lain.

Wahai diriku..!!!
Kemudian, hiasilah hatimu dengan ikhlas tanpa mengharapkan apapun dan dari siapapun. Termasuk juga tanpa mengharapkan pahala atau syurganya Allah. Yang kamu harapkan hanyalah agar Allah meridhoi langkahmu. Jadikahlah Allah itu sebagai fokus dalam ikhlasmu dan bukan pada makhluk-makhluk-Nya.

Wahai diriku..!!!
Hilangkan rasa takutmu akan kehilangan sesuatu atau seseorang dari akibat kamu meluruskan niatmu. Sebab boleh jadi di awal kamu mencintai seseorang karena kecantikannya kemudian kamu luruskan niatmu karena Allah, maka terkadang seseorang itu akan terlepas darimu. Sebab niatmu yang telah kamu luruskan tadi boleh jadi tak akan terwujud pada seseorang yang cantik semata. Namun percayalah, dengan niatmu yang lurus maka Allah akan memberikanmu seseorang yang jauh lebih indah dari yang paling cantik sekalipun. Sebab Allah selalu memberi yang terbaik bagi hamba-Nya yang berserah diri. Maka itu, hiasilah hatimu dengan hati yang senantiasa berserah diri pada-Nya.

Wahai diriku..!!!
Hilangkanlah ketakutanmu untuk menjadi miskin sebab niat awalmu untuk bekerja adalah mencari kekayaan, namun niatmu kamu ubah menjadi bekerja sebagai wujud ibadahmu kepada Allah. Boleh jadi karena adanya perbaikan niatmu, maka uang yang kamu peroleh tidak sebanyak yang dulu, namun percayalah, Allah hanya memberikanmu uang lewat bekerjamu sebagai ibadah itu dengan uang yang halal lagi baik dan dengan cara yang baik pula. Dan Allah akan mencukupkan bagimu rezekimu. Maka niatmu haruslah diiringi dengan ikhtiar dan tawakkal kepada-Nya.

Wahai diriku..!!!
Hilangkanlah kekhawatiranmu manakala kamu merubah niatmu yang semula untuk mendapatkan pujian dari orang lain menjadi hanya demi Allah semata. Jangan takut kamu kehilangan fans-mu sebab kamu akan mendapatkan pengganti yang lebih baik, yaitu dicintai Allah.

Wahai diriku..!!!
Jika dalam perjalananmu kamu awali dengan niat karena Allah, namun karena derasnya godaan setan sehingga menggeser arah hatimu yang semula lurus, maka cepat-cepatlah istighfar pada-Nya, kembalilah pada niatmu yang lurus seperti semula, dan lanjutkanlah perjalananmu. Sebab Allah akan memaafkanmu karena kelalaianmu. Dan berdo’alah pada-Nya agar setan menjauh darimu. Berdo’alah pada-Nya agar kamu kokoh menghadapi godaan setan.

Wahai diriku!!!
Inti dari semua ini adalah meluruskan niat karena Allah dengan Ikhlas, Berserah dirilah pada-Nya dan bertawakkallah kamu kepada-Nya.
Memang benar ini tidak semudah kumengucapkan nasehatku ini, namun jika ini memang baik mengapa tidak kamu kerjakan….

(Salam Santun dariku untukmu….)

Tidak ada komentar: