Sabtu, 02 Juni 2012

RANCANGAN ALLAH




Bismillahirrahmanirrahiim

Jika aku dan kamu sama-sama berdo’a dan meminta agar suatu saat nanti kita akan berlabuh dalam tali pernikahan. Akan tetapi ternyata Allah menjawab “TIDAK”. Lantaskah kita harus marah dan merasa kalah? Apakah kita harus tidak berterima? Haruskan kita kecewa?

Sebagian kita boleh jadi akan menjawab, “IYA” aku marah, aku kalah, aku tak terima dan aku kecewa sebab ternyata dia bukan jodohku. Sebab akulah yang pantas untuk menikah dengannya dan bukan DIA. Kita mencoba seolah-olah kitalah penentu. Ke”Aku”an ini berlaku dalam setiap kondisi.


Tapi ingatlah, siapa sebenarnya pemilik kita atau siapa penentu bagi kita? Yang jelas, sebagai orang-orang “Beriman”, kita akan berkata “Tentu saja Allah” yang memiliki kita. Benar, tapi yang menjadi masalah adalah apakah kita sudah berbuat sebagaimana layaknya diri kita yang bukan memiliki kita?

Jika kita berpikir, kalau memang diri kita bukanlah milik kita berarti seharusnya kita harus membiarkan “Sang Pemilik” kita itu untuk berbuat “sesuka hati-Nya” untuk kita.

“Rancangan Allah adalah rancangan kedamaian dan kebaikan”, inilah kata Allah. Ayat ini menolong kita untuk berterima atas setiap kondisi yang diberikan si “Pemilik” tadi kepada kita. Sebab  si”Pemilik” tahu apa yang terbaik bagi “milik-Nya”, “Aku” adalah “milik-Nya”. Jika “Aku” bersikeras memohon supaya mendapatkan “X”, tetapi si”Pemilik” memberikan “Y”, sesungguhnya si”Pemilik” tahu bahwa jika “Aku” mendapatkan “X” maka disana akan ada “Api” yang siap sedia membakar “Aku”.

Allah tahu apa yang terbaik bagi kita. Ingatlah, sesunguhnya apa yang Allah racangkan bagi kita adalah sama seperti apa yang kita inginkan jikalau kita tahu ujung ceritanya.
Jadi jika kita merasa kalah dengan yang lain dalam hal permohonan kepada Allah, ketahuilah sesungguhnya kita berada dalam zona detik-detik menunggu “Kemenangan”.
Dan semoga kita akan menjadi manusia-manusia yang ikhlas atas segala sesuatu yang menimpa kita. Kita hanya berdo’a dan Allah jualah yang menentukan.

Tidak ada komentar: