Sabtu, 02 Juni 2012

KOPI DAN GELAS


Bismillahirrahmanirrahiim

Realita kehidupan manusia seperti Kopi dan Gelas. Saat ingin meneguk kopi, kita disibukkan dengan memilih satu gelas dari sekian banyak pilihan gelas yang corak dan ragamnya berbeda yang terbuat dari beraneka bahan, beraneka warna dan bentuk. Ada yang dari porselin, kaca, melamin, kertas dan juga plastik. Ada yg warna putih, putih bening, coklat, merah dan abu-abu. Ada yg berbentuk bulat tinggi dan berbentuk standar. Melihat bentuk, bahan dan warna tentu ada yang berharga mahal, sedang, murah dan bahkan gratis dari hadiah sebuah produk.


Setelah dipilih, kita juga cenderung untuk saling melihat gelas di antara kita dan membandingkan dengan gelas di tangan sendiri.

Begitulah hidup terkadang kita lebih sibuk memilih gelas daripada menikmati kopi itu sendiri. Kopi adalah ibarat kehidupan itu sendiri, sedangkan gelas adalah istri, suami, baju, kendaraan, pekerjaan, agama, jabatan dan harta kita. Manusia lebih sering disibukan dengan urusan gelas. Jika sudah mendapatkan gelas maka kita disibukan dengan urusan membanding-bandingkan gelas yang kita miliki dengan gelas orang lain.

Kita lupa bahwa gelas itu hanyalah sarana untuk tujuan menikmati kopi. Kita lebih sering meributkan sarana daripada ke tujuan itu sendiri. Padahal kita tahu kopi itu berasal dari poci yang sama. Mau diminum dengan gelas apapun seharusnya rasanya sama. Kalaupun tidak sama rasanya itu hanya persepsi kita saja.

Jangan sampai dirimu dikendalikan oleh gelas kemudian lupa menikmati kopi itu sendiri, berdamailah dengan kopi yang disediakan untukmu’

Sudahkan anda menikmati secangkir kopi hari ini? Kalau saya sudah dengan menggunakan gelas yang disediakan dan bukan yang saya pilih…. hehehehe

Tidak ada komentar: